Pemasaran atau marketing
adalah suatu rangkaian kegiatan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen.
Caranya dengan membuat produk, menentukan harganya, tempat penjualannya dan
mempromosikan produk tersebut kepada para konsumen.
Atau definisi marketing
yaitu perpaduan antara aktivitas-aktivitas yang saling berhubungan untuk dapat
mengetahui apa yang dibutuhkan oleh konsumen sehingga perusahaan dapat
mengembangkan produk, harga, pelayanan dan melakukan promosi supaya kebutuhan
konsumen dapat terpenuhi serta perusahaan mendapatkan keuntungan. Itulah
beberapa penjelasan mengenai marketing pilih yang mana saja karena semua
intinya sama.
Marketing memang sangat
erat kaitannya dengan aktivitas kehidupan kita sehari-hari sebab objeknya ialah
Konsumen. Biasanaya kita sebagai konsumen sering dihadapkan pada beberapa
pilihan seperti memilih merek dari produk tertentu yang hendak kita beli,
dimana kita akan membelinya dan menentukan waktu maupun kualitas saat melakukan
pembelian. Jadi kita sebagai konsumen dapat dijadikan informasi yang dibutuhkan
oleh para Marketer dalam melakukan kegiatan marketing.
Dengan adanya marketing
para konsumen tidak perlu memenuhi kebutuhannya secara sendiri-sendiri. Karena
dengan melakukan pertukaran dengan para pelaku marketing, konsumen dapat memenuhi
kebutuhan maupun kepuasannya dengan mendapatkan produk ataupun jasa.
Bagi perusahaan, marketing
memang merupakan kegiatan yang memiliki peranan yang sangat penting dalam
menentukan maju-mundurnya perusahaan, karena marketing memiliki fungsi untuk menghasilkan
pemasukan. Semakin besar pemasukan maka perusahaan akan semakin maju dan
berkembang, sedangkan jika pemasukan kurang atau kecil maka perusahaan akan
mengalami kemunduran.
Beberapa fungsi marketing
pada perusahaan, diantaranya sebagai berikut ini:
a. Fungsi pertukaran
Dengan marketing, konsumen
dapat membeli produk yang berasal dari produsen baik itu dengan menukar uang
dengan produk maupun melakukan pertukaran produk dengan produk untuk digunakan
sendiri ataupun untuk dijual kembali.
b. Fungsi distribusi fisik
Distribusi fisik pada
produk dilakukan dengan cara mengangkut dan menyimpan produk. Produk yang
berasal dari produsen akan memenuhi kebutuhan para konsumen dan disalurkan
melalui darat, air atau udara. Lalu penyimpanan produk dilakukan dengan cara
mengendapkan dan menjaga pasokan produk supaya tidak terjadi kekurangan pada
saat diperlukan.
c. Fungsi perantara
Untuk dapat menyampaikan
produk dari produsen kepada konsumen dilakukan lewat perantara pemasaran atau
marketing yang menghubungkan aktivitas pertukaran dengan distribusi fisik.
Aktivitas fungsi perantara antara lainnya seperti pembiayaan, pencarian
informasi, pengelompokan produk, dsb.
Adapun beberapa fungsi lain
dari divisi marketing pada perusahaan, yang biasanya sebagai berikut ini:
a. Marketing berperan
sebagai sales
Tugas utama marketing
bisanya yaitu menghasilkan pemasukan bagi perusahaan dengan cara melakukan
penjualan terhadap produk yang dihasilkan oleh perusahaan.
b. Marketing berperan
sebagai promosi
Maksudnya marketing
berfungsi untuk memperkenalkan perusahaan dan produk yang dihasilkannya kepada
masyarakat luas, sehingga perusahaan dan produknya dapat dikenal.
c. Marketing sebagai riset
dan pengembangan
Maksudnya marketing juga
berfungsi sebagai penyerap berbagai macam informasi dan menyampaikannya pada
perusahaan yang berkaitan tentang apa saja yang bermanfaat untuk mendukung
dalam peningkatan kualitas maupun penjualan produk yang dihasilkan oleh
perusahaan.
d. Maktering berperan
sebagai perwujudan konsep marketing communication
Maksudnya marketing dapat
berperan untuk membuat hubungan yang baik antara perusahaan dan masyarakat atau
perusahaan dan lingkungan sekitarnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar