4.1 Kesimpulan
Dari
hasil observasi yang telah dilakukan, penulis dapat menyimpulkan beberapa point
sebagai berikut :
1.
Proses bisnis
pemasaran di Perumnas meliputi proses penanganan tanda jadi / booking fee,
penanganan PPR, penanganan penjualan dan pengendalian penjualan.
2.
Beberapa contoh
dokumen yang terkait dengan proses bisnis di Perumnas ialah Surat Pesanan,
Perjanjian pesanan produk, Master Stock, NBR serta dokumen pengikat jual beli.
3.
Proses pengolahan data
di Perumnas masih bersifat manual dan belum terintegrasi dengan kantor pusat
4.2 Saran
1. Dibangun
integrasi pengolahan data secara otomatis agar kesalahan pengolahan data dapat
diminimalisasi
2. Pemanfaatan
aplikasi expert dari pihak ketiga dalam pengolahan data agar output yang
dihasilkan lebih maksimal
3. Pengoptimalan
media website resmi dari Perumnas sebagai media iklan juga sebagai media
informasi bagi konsumen
4. Proses
pengumpulan data dilakukan secara komputerisasi untuk memudahkan officer dalam
menjalankan pekerjaannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar